Soal Dan Jawaban Kelompok

Kelompok:1 Nurul,Abram

1. Sebutkan Apa yang dimaksud bahasa assembly?dan berikan juga alsan kenapa kita mempelajari bahasa assembly?
Jawab:Bahasa pemrograman generasi kedua adalah bahasa assembly. Bahasa rakitan (bahasa Inggris: assembly language) adalah bahasa pemrograman komputer tingkat rendah. Bahasa assembly merupakan notasi untuk bahasa mesin yang dapat dibaca oleh manusia dan berbeda-beda tergantung dari arsitektur komputer yang digunakan.
Jawab: alasnya memang bahasa ini nampak terlihat tua namun terus berkembang dengan segala fasilitas dan kemudahannya,assembly memiliki keunikkan seperti tingkat apapun dalam hal kecepatan, dan ukuran file yang kecil, serta mudahnya memanipulasi pada sistem komputer.
Selain itu, bahasa assembly ini juga menggunakan berbagai macam dan jenis bilangan seperti
Bilangan Biner,Bilangan Oktal,Bilangan Desimal, danBilangan Hexadesimal.
Ketika di-compile lebih kecil ukuran,efisien/hemat memori dan Lebih cepat dieksekusi.
Jadi itu alasan saya mengapa kita harus mempelajari bahasa assembly.

2. Berikan contoh aplikasi yang kamu ketahui dalam aplikasi yang bak sebuah komputer
Jawab:

3. Sebutkan dasar-dasar yang digunakan di dalam bahasa c?
Jawab:1. #include >berguna untuk memasukkan library library yang ada kedalam code yang ingin dibangun
2. stdio(bkn studio yaa) > standard input output sudah tau donk maksud dari input dan output ?
3. stdlib>standard library dalam hal ini karena kita menggunakan EXIT_SUCCESS *
4.int main { } >bagian tempat dimana code2 dari program di sisipkan
5.printf() > untuk menampilkan isi didalam tanda () kedalam monitor
6 ; titik koma atau semicolon > tanda untuk menandari akhir dari sebuah syntax (paling sering silap )
7.EXIT_SUCCESS > akhir dari program dengan mengembalikan nilai 0 kepada int main () .
8.EXIT_FAILURE > akhir dari program dengan mengembalikan nilai 1 kepada int main () .
9."" diantara tanda "" bisa diisi berupa string atau karakter
10.int (integer) bilangan bulat.
11.float bilangan  berkoma
12.char sebuah  karakter

4. Sebutkan apa saja kode php?
Jawab:  addslashesFungsi : Memberi garis miring atau slash jika ada tanda kutip pada string atau kata maupun kalimat
Sintaks PHP: addslashes ( string $str )
Contoh Penggunaanya :
<?php
$str = "hari ini adalah harijum'at";
echo addslashes($str);
//Hasilnya : hari ini adalah hari jum\'at
?>
chr Fungsi : Menghasilkan karakter yang spesifik berdasarkan kode ascii
Sintaks PHP :
chr ( int $ascii )
Parameter :
$ascii = kode ascii
Contoh penggunaannya:
<?php
$kode = 81;
$str = chr($kode);
echo "karakter dengan kode ascii $kode adalah $str";
//Hasilnya : karakter dengan kode ascii 81 adalah Q
?>
count_chars
Fungsi : Menghitung frekuensi munculnya karakter di suatu string
htmlspecialchars
Fungsi : Mengubah karakter < dan > menjadi &lt; dan &gt;. Ini sangat berguna untuk mencegah user yang menggunakan tag html ketika menginput data ke website kita, seperti melalui buku tamu, dan sebagainya.
Sintaks PHP :
htmlspecialchars ( string $string )

Contoh Penggunaan:
<?php
$teks = "<b>hai apa kabar</b>";
echo htmlspecialchars($teks);
?>

5. Sebutkan beberapa contoh yang kamu ketahui tentang actionscript?
Jawab:
1. Animation
Animasi yang sederhana memang tidak membutuhkan Action Script, namun untuk animasi yang kompleks, Action Script akan sangat membantu. Sebagai contoh, animasi bola yang memantul di tanah yang mengikuti hukum fisika akan membutuhkan ratusan frame. Namun dengan menggunakan Action Script, animasi tersebut dapat dibuat hanya dalam satu frame.
2. Navigasi
Pergerakan animasi pada Flash secara default bergerak ke depan dari satu frame ke frame yang lainnya hingga selesai. Namun dengan Action Script, jalannya animasi dapat dikontrol untuk berhenti di suatu frame dan berpindah ke sembarang frame sesuai dengan pilihan dari user.
3. User Input
Action Script dapat digunakan untuk menerima suatu masukan dari user yang kemudian informasi tersebut dikirimkan kepada server untuk diolah. Dengan kemampuan ini, Action Script dapat digunakan untuk membangun suatu aplikasi web berbasis Flash.
4. Memperoleh Data
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Action Script dapat melakukan interaksi dengan server. Dengan demikian kita dapat meng-update informasi lalu menampilkannya kepada user.
5. Kalkulasi
Action Script dapat melakukan kalkulasi, misalnya seperti yang diterapkan pada aplikasi shopping chart.
6. Grafik
Action Script dapat mengubah ukuran sebuah grafik, sudut rotasi, warna movie clip dalam movie, serta dapat menduplikasi dan menghapus item dari screen.
7. Mengenali Environment
Action Script dapat mengambil nilai waktu dari sistem yang digunakan oleh user.
8. Memutar Musik
Selain animasi yang berupa gerakan, pada program Flash juga dapat diinputkan sebuah musik sehingga animasi yang dihasilkan menjadi lebih menarik. Pada hal ini Action Script dapat digunakan untuk mengontrol balance dan volume dari musik tersebut.

Kelompok:2Andi,Rahma

1. Sebutkan aplikasi yang menggunakan bahasa pemograman?
Jawab:Java,Java Script,Bahasa C, C ++, C #,Prolog,Perl,Visual Basic.Dll

2. Sebutkan kelebihan dan kekurangan java?
Jawab: kelebihan :Dapat dijalankan di beberapa sistem operasi komputer biasa disebut multiplatform,dan program Java dapat digunakan pada beberapa sistem operasi komputer yang berbeda. Contohnya: Untuk Hp yang ada Platform Java, Android, Windows, Linux.
Bergaya C++ sehingga menarik banyak pemrograman dengan konsep C++ untuk pindah ke Java.
Pemrograman berorientasi objek, Konsep ini dalam bahasa inggris Object Oriented Programming,dan Lengkapnya perpustakan (library) yang akan sangat memudahkan.

Kekurangan : Slogan java adalah ‘tulis sekali, jalankan di mana saja’, slogan tersebut tidak sepenuhnya bisa berjalan dengan lancar, karena masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara satu sistem operasi dengan sistem operasi lainnya.,Mudah didekompilasi, dekompilasi adalah proses membalikan kode jadi menjadi kode sumber.
Pengunaan memori yang banyak, lebih banyak dibandingkan dengan bahasa tingkat tinggi yang muncul sebelum Java, seperti C/C++ dan Pascal. (Miesanaw.wordpress.com)

3. Prolog adalah bahasa pemograman logika namanya di ambil dari bahasa prancis.bahasa ini diciptakan oleh?
Jawab: Programmation en logique (pemrograman logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972.

4. Pascal merupakan jenis bahasa pemograman yang masuk ke dalam bahasa pemograman generasi keIII,bahasa pemograman ini dikembangkan di perancis oleh seseorang professor yang bernama?
Jawab: Niklaus Writh.

5. Perl adalah sebuah bahasa pemograman yang diciptakan oleh?dan pada tahun berapa?
Jawab: diciptakan oleh Larry Wall pada tahun 1986 yang awalnya digunakan sebagai perangkat lunak yang digunakan untuk menulis program di lingkungan UNIX.

Kelompok:3Lady,Rani

1. Sebutkan dan jelaskan kelebihan dan kekurangan phyton dan apa keunggulan dibandingkan bahasa pemograman yang lain?
Jawab
:feature yang dimiliki Python antara lain.
Memiliki library yang luas, dalam distribusi Python telah disediakan modul-modul siap pakai untuk berbagai keperluan
Memiliki tata bahasa yang jernih dan mudah dipelajari
Memiliki aturan layout source code yang memudahkan pengecekan, pembacaan kembali, dan penulisan ulang source code tersebut
Bersifat OOP
Memiliki sistem pengelolaan memory yang auto, garbage collection, seperti Java
Bersifat modular, mudah dikembangkan dengan menciptakan modul-modul baru, dimana modul-modul tersebut dapat dibangun dengan bahasa Python maupun C/C++
Memiliki fasilitas pengumpulan sampah secara auto, seperti halnya pada bahasa pemrograman Java, Python memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memory komputer sehingga para programmer tidak perlu melakukan pengaturan memory komputer secara langsung
Kelebihan : Tidak ada tahapan kompilasi dan penyambungan (link) sehingga kecepatan perubahan pada masa pembuatan system aplikasi meningkat.
Tidak ada deklarasi tipe sehingga program menjadi lebih sederhana, singkat, dan fleksible.
Manajemen memori otomatis yaitu kumpulan sampah memori sehingga dapat menghindari pencatatan kode.
Tipe data dan operasi tingkat tinggi yaitu kecepatan pembuatan system aplikasi menggunakan tipe objek yang telah ada.
Pemrograman berorientasi objek.
Pelekatan dan perluasan dalam C.
Terdapat kelas, modul, eksepsi sehingga terdapat dukungan pemrograman skala besar secara modular.
Pemuatan dinamis modul C sehingga ekstensi menjadi sederhana dan berkas biner yang kecil
Pemuatan kembali secara dinamis modul phyton seperti memodifikasi aplikasi tanpa menghentikannya.
Model objek universal kelas Satu.
Konstruksi pada saat aplikasi berjalan.
Interaktif, dinamis dan alamiah.
Akses hingga informasi interpreter.
Portabilitas secara luas seperti pemrograman antar platform tanpa ports.
Kompilasi untuk portable kode byte sehingga kecepatan eksekusi bertambah dan melindungi kode sumber.
Antarmuka terpasang untuk pelayanan keluar seperti perangkat Bantu system, GUI, persistence, database, dll.
kekurangan :Beberapa penugasan terdapat diluar dari jangkauan python, seperti bahasa pemrograman dinamis lainnya, python tidak secepat atau efisien sebagai statis, tidak seperti bahasa pemrograman kompilasi seperti bahasa C.
Disebabkan python merupakan interpreter, python bukan merupakan perangkat bantu terbaik untuk pengantar komponen performa kritis.
Python tidak dapat digunakan sebagai dasar bahasa pemrograman implementasi untuk beberapa komponen, tetapi dapat bekerja dengan baik sebagai bagian depan skrip antarmuka untuk mereka.
Python memberikan efisiensi dan fleksibilitas tradeoff by dengan tidak memberikannya secara menyeluruh. Python menyediakan bahasa pemrograman optimasi untuk kegunaan, bersama dengan perangkat bantu yang dibutuhkan untuk diintegrasikan dengan bahasa pemrograman lainnya.

2. Sebutkan bagaimana cara kerja javascript dan contoh aplikasi yang dibuat oleh javascript?
Jawab:1.Skrip pada <head>
            Skrip ini akan dieksekusi saat dipanggil (biasa berbentuk fungsi)atau dipanggil berdasarkan pemicu pada event tertentu.Peletakan skrip di <head> akan menjamin skrip di-load terlebih dahulu sebelum digunakan (dipanggil).Berikut ini contohnya:
<html>
<head>
<script type="text/javascript">
........
</script>
</head>
</html>
2.Skrip pada <body>
 Skrip ini dieksekusi setelah halaman di-load sampai dibagian <body> ketika menempatkan skrip pada bagian <body>,berarti antara isi dan Javascript dijadikan satu bagian.
<
<html>
<head>
</head>
<body>
<script type="text/javascript">
........
</script>
</body>
</html>
</html>
contoh bebrapa aplikasi yang dibuat oleh javascripct :moo tols,yui,ext js.

3. Sebutkan contoh aplikasi yang menggunakan action script yang berbasis flash?
Jawab: adobe flash spersonal  adalah software pertama kali dirilis semenjak macromedia flash di akuisasi oleh adobe  Flash cs3 profesional telah memiliki fitur actionscript3
Adobe Flash cs4 Profesional merupakan produk pengembang dari flash cs3, banyak fitur baru yang telah disempunakan di software ini.

4. Sebutkan contoh dari pemograman prolog?
Jawab:

5. Sebutkan mengapa delphi diminati oleh progeremmer?
Jawab: Delphi merupakan generasi penerus dari Turbo Pascal sehingga bagi pengguna yang terbiasa dengan dasar pemrograman turbo Pascal akan lebih familiar, Sifatnya freeware, Komponen yang disediakan sudah cukup lengkap tanpa harus add component dari sumber lain.Dokumentasi cukup lengkap.

Kelompok:4Nurul,Farida

1. Sebutkan bagaimana cara menggunakan bahasa php pada penggunaan komputer
Jawab: 1. Buka aplikasi text editor yang Anda miliki. PHP sendiri dapat dibuat pada aplikasi text editor aapun. Namun akan lebih mudah jika Anda menggunakan aplikasi khusus untuk membuat skrip PHP ini.
2
Membuat situs dasar. PHP akan terbaca dalam bentuk HTML. Oleh karena itu untuk dapat melihat hasil dari bahasa pemrograman PHP yang telah Anda buat, Anda memerlukan situs dasar untuk menampilkannya:
<html>
<body>
<h1>PHP Test</h1>
</body>
</html>
3
Buat skrip dasar ECHO. “ECHO” berfungsi untuk mencetak kembali teks untuk situs. Ini merupakan fungsi dasar dari PHP yang akan membantu Anda bagaimana cara untuk membuat PHP syntax. Semua skrip PHP dimulai dengan <?php dan diakhiri dengan ?>. Setiap pernyataan diakhiri dengan tanda (;).
<html>
<body>
<h1>PHP Test</h1>
<?php
echo "Ini adalah skrip PHP pertama saya!";
?>
</body>
</html>
4
Tambahkan komentar pada skrip PHP Anda. Ini murapakan latihan terbaik yang harus Anda lakukan. Komentar ini tidak akan ditampilkan kepada pengguna, namun bukan tidak mungkin untuk pengembang lain mengetahui apa yang Anda lakukan, yang mana dapat membantu Anda untuk mengingatkan apa yang harus Anda perbaiki atau yang harus Anda lakukan pada saat Anda melakukan perubahan.[1]
<html>
<body>
<h1>PHP Test</h1>
<?php
// Ini merupakan komentar satu baris.
echo "Ini adalah skrip PHP pertama saya!";
/*
Ini merupakan komentar
yang berbeda baris
*/
?>
</body>
</html>
5
Buat skrip dengan menggunakan beberapa variabel dasar. Variabel merupakan objek yang memberikan nilai dalam skrip. Anda kemudian dapat memanipulasi variabel ini yang hasilnya akan ditampilkan kepada pengguna. Variabel merupakan bagian yang sangat penting dalam pembuatan skrip PHP, yang mana ditunjukan dengan tanda “$” sebelum variabel.[2]
<html>
<body>
<h1>PHP Test</h1>
<?php
/*
Perintah ini akan menambahkan dua variabel
dan akan menampilkan hasil (16).
*/
$x=4;
$y=12;
$z=$x+$y;
echo $z;
/*
Variabel sangatlah sensitif. Jika Anda ingin menuliskan $x=4,
namun diketik $X dengan huruf besar, maka ini tidak akan ditampilkan dengan benar.
*/
?>
</body>
</html>
6
Membuat pernyataan dasar If/Else. Sebagian besar fungsi dari PHP berasal dari pernyataan If/Else ini. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat kondisi untuk perintah spesifik. Ini biasanya digunakan untuk membuat pesan khusus seperti misalkan untuk melihat kondisi hubungan.[3]
<html>
<body>
<h1>PHP Test</h1>
<?php
$t=tanggal("H");
/*
Variabel “$t” menunjukan tanggal
Idalam format 24 jam (H). Ini sesuai dengan jam pada server.
*/
if ($t<"20")
   {
   echo "Semoga hari Anda menyenangkan!";
   }
else
   {
   echo "Saatnya tidur!";
   }
/*
Jika waktu menunjukan kurang dari pukul 20 (8 PM/Malam), maka akan menunjukan
“Semoga Hari Anda menyenangkan!” Jika menunjukan lebih dari pukul 20, maka akan menunjukan
“Saatnya tidur!”
*/
?>
</body>
</html>

2. Sebutkan kekurangan dan kelebihan dari html?
Jawab: Kelebihan: HTML (Hypertext Markup Language )Merupakan bahasa pengkodean yang lintas platform (cross platform), maksudnya HTML dapat digunakan pada berbagai jenis mesin komputer yang berbeda dan berbagai macam sistem operasi yang berbeda. Jadi bersifat fleksibel.,Dapat disisipi gambar baik gambar statis atau dinamis (animasi) termasuk menggunakan gambar untuk dijadikan hyperlink. Gambar di sini digunakan untuk merujuk pada suatu halaman web, dimana setiap titik-titik yang sudah didefinisikan berupa rectangular (kotak), poligon (kurva tak beraturan) atau lingkaran digunakan untuk ‘jump’ ke halaman lain, atau link ke halaman di luar web yang bersangkutan.,Dapat disisipi animasi berupa Java Applet atau file-file animasi dari Macromedia Flash atau Macromedia Shockwave (untuk keperluan ini, browser harus memiliki plug-in khusus untuk menjalankan file-file animasi ini).Dapat disisipi bahasa pemrograman untuk mempercantik halaman web seperti Javascript, VBScript, Active Server Pages, Perl, Tcl, PHP dan sebagainya.Bukan merupakan bahasa pemrograman jadi tidak memerlukan kompiler. Cara menjalanakannya cukup dengan menggunakan browser.

3. Sebutkan bagaimana bentuk bilangan biner,oktal,desimal,hexadesimal?
Jawab: Bilangan biner (Bilangan berbasis dua, bilangannya: 0,1)
Bilangan octal (Bilangan berbasis delapan bilangannya: 0,1,2,3,4,5,6,7)
Bilangan desimal (Bilangan berbasis sepuluh, bilangannya: 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9)
Bilangan hexadesimal (Bilangan berbasis enam belas, bilangannya: 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,F)

4. Mengapa bahasa assembly tidak dapat tergantikan jelaskan?
Jawab: alasnya memang bahasa ini nampak terlihat tua namun terus berkembang dengan segala fasilitas dan kemudahannya,assembly memiliki keunikkan seperti tingkat apapun dalam hal kecepatan, dan ukuran file yang kecil, serta mudahnya memanipulasi pada sistem komputer.Selain itu, bahasa assembly ini juga menggunakan berbagai macam dan jenis bilangan sepertiBilangan Biner,Bilangan Oktal,Bilangan Desimal, danBilangan Hexadesimal.Ketika di-compile lebih kecil ukuran,efisien/hemat memori dan Lebih cepat dieksekusi.Jadi itu alasan saya mengapa kita harus mempelajari bahasa assembly.

5. Sebutkan dan jelaskan bahasa pemogrman pascal?
Jawab: Bahasa pemrograman Pascal ini adalah sebuah mesin hitung, maka dari itu, nama dari bahasa pemrograman ini mengacu pada nama dari seorang ahli matematika, yaitu Pascal.Bahasa pemrograman Pascal ini merupakan bahasa pemrograman yang memiliki tipe data yang standar, sehingga dapat dipelajari oleh siapapun, serta memiliki tipe bahasa pemrograman yang terstruktur, sehingga membuatnya jauh lebih efisien apabila dibandingkan dengan bahasa pemrograman tingkat rendah dan jga tingkat menengah.







Komentar